Mengintip Jeroan CPU Anda


Sudah berapa lama Anda menggunakan komputer? Seberapa ketergantungannya Anda terhadap komputer? Apakah untuk mengerjakan kantor, pekerjaan rumah (PR) sekolah atau hanya sekedar update status ke Facebook? Tapi pernahkah Anda melihat isi dalam dari CPU Anda? Apa sangat rumit seperti yang Anda lihat di film-film? Mari kita intip sedikit jeroan dari CPU Anda. Oya, artikel ini saya gambarkan hanya secara umum, ada kemungkinan besar CPU dari PC Anda berbeda dari gambar yang saya tunjukkan.

"Jeroan" CPU

“Jeroan” CPU

Artikel ini saya tulis sebelumnya di http://ainanet2012.blogspot.co.id. Itu adalah blog untuk warnet saya dulu. Namun karena warnet saya sudah "almarhum", maka akun blogspot tersebut saya tutup. Jadi posting-posting di sana saya pindahkan kembali ke sini.

Seperti yang Anda lihat ternyata tidak terlalu rumit. Tidak seperti di film-film yang ada lampu sana sini, mungkin ada lasernya, dan lain-lain. Tapi bukannya yang seperti di film itu tidak ada, mungkin saja ada tetapi harganya sangat mahal. Mari kita lihat satu per satu.

1. Motherboard

Alat ini berbentuk seperti papan segiempat. Alat ini merupakan tempat untuk meletakkan komponen-komponen lain dari komputer Anda. Jika kita analogikan seperti menanam padi. Dimanakan Anda menanam padi? Jawabannya: di SAWAH. Dimanakan Anda menanamkan komponen komputer Anda? Jawabannya: di MOTHERBOARD.

letak-motherboardMotherboard dalam Casing CPU

Pada alat ini terdapat berbagai macam peralatan yang sudah menempel dari sononya (pabriknya). Berikut beberapa alat yang menempel di motherboard:

a. BIOS dan Baterai BIOS
BIOS kepanjangannya adalah Basic Input/Output System. BIOS ini mengidentifikasi informasi seluruh hardware komputer Anda saat komputer dihidupkan. BIOS inilah yang memberitahukan kepada system operasi (Windows, Linux, MacOS, dll) hardware apa saja yang tertempel di motherboard.

bios2Posisi BIOS dan Baterainya, sebelah kiri adalah foto, sebelah kanan adalah denah motherboard yang diambil dari buku manualnya

Selain itu, BIOS ini menyimpan waktu dan penanggalan sistem di saat komputer mati. Itulah mengapa ada Baterai BIOS. Baterai inilah yang membuat waktu dan penanggalan di tetap berjalan walau komputer kehilangan daya listrik di saat komputer dimatikan. Pernahkah Anda melihat kasus komputer saat dihidupkan tanggalnya mundur beberapa tahun ke belakang? Ini disebabkan oleh habisnya daya Baterai BIOS ini, sehingga di saat komputer mati, waktu dan tanggal di BIOS berhenti. Di saat komputer dihidupkan, waktu dan tanggal memang berjalan kembali tapi waktu dan tanggalnya dimulai saat motherboard ini dibuat dipabriknya (misalnya motherboard dibuat tahun 2007, maka waktu dan tanggalnya akan kembali ke tahun 2007).
Nah, jika terjadi kasus seperti ini apa yang harus kita lakukan? Ganti saja baterainya. Baterainya bukan baterai khusus koq. Tipe baterainya sering digunakan di kalkulator. Tipe yang paling sering digunakan adalah CR-2032. Silahkan tanya ke toko eletronik terdekat, InsyaAllah ada.

b. Expansion Slots
Sesuai dengan namanya, Expansion Slots adalah slot untuk memasukkan peralatan tambahan komputer. Ada banyak tipe expansion slot. Untuk motherboard yang diproduksi belakangan ini, expansion slot yang paling umum adalah PCI dan PCI Express.

expansion-slotLetak PCI dan PCI Express (Expansion Slot) pada motherboard

  • PCI
    PCI kepanjangannya adalah Peripheral Component Interconnect. Banyak sekali peralatan yang bisa dicolokkan ke sini, dimulai dari yang paling umum seperti Soundcard (kartu suara, alat untuk menyampaikan sinyal suara ke speaker), LAN Card (kartu jaringan, alat untuk menghubungkan komputer ke jaringan kabel) atau WLAN Card (kartu jaringan tanpa kabel, alat untuk menghubungkan komputer dengan jaringan tanpa kabel – wireless); hingga ke peralatan khusus seperti sensor untuk laboratorium.
  • PCI Express
    Kepanjangannya sama seperti PCI, hanya saja ditambahkan Express di belakangnya. Slot ini merupakan peningkatan dari PCI. Kecepatan maksimumnya 16.000 MBps (Megabyte per second), 500x lebih cepat dibanding PCI yang hanya 132 MBps. Slot ini biasanya di gunakan untuk menambah VGA (Video Graphics Array, hardware yang memproses tampilan ke layar) tambahan pada motherboard.
    Selain dari kedua jenis expansion slot di atas, ada beberapa jenis lain seperti AGP (Accelerated Graphics Port) dan ISA (Industry Standard Architecture). Keduanya sudah tidak diproduksi lagi.

c. Ports
Ports dapat diartikan sebagai “colokan”. Port biasanya berada di luar casing CPU dengan berbagai bentuk, untuk menghubungkan komputer dengan peralatan lain semisal printer, monitor, keyboard, dll. Mari kita intip beberapa colokan yang umumnya ada PC.

 

portsPorts pada bagian belakang CPU

– PS/2 Ports
Port ini berbentuk bulat dengan 6 pin. Motherboard pada umumnya memiliki 2 buah port ini dengan warna yang berbeda, ungu dan hijau. Port ini menghubungkan komputer dengan keyboard dan mouse Anda, warna ungu untuk keyboard dan warna hijau untuk mouse.

ps2-portPS/2 Ports

Anda tidak bisa memasang keyboard dan mouse sesukanya. Jika warnanya tidak sesuai, maka keyboard dan mouse Anda tidak akan berfungsi.

– Serial Port
Port yang sudah “berumur” ini sudah jarang digunakan pada komputer rumahan. Biasanya memiliki 9 pin, kecepatan maksimumnya hanya 115 Kbps (Kilobits per second).

serialSerial port

Saya sebenarnya juga tidak mengerti kenapa produsen motherboard masih menyertakan port ini. Jika Anda ada yang mengetahui, tolong komentar di bawah ya. Port ini digunakan untuk Modem Dial-Up, peralatan kasir, GPS receiver model lama, dll.

– Parallel Port
Port ini setali tiga uang nasibnya dengan serial port. Memiliki 25 pin, kecepatan maksimumnya adalah 16 Mbps (Megabits per second) atau 2 MBps (Megabytes per second), sekitar 160x lebih cepat dari port serial.

MINOLTA DIGITAL CAMERA

Parallel port (http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fa/Parallel_computer_printer_port.jpg)

Dahulu sering digunakan untuk menghubungkan komputer dengan printer. Karena kecepatannya yang rendah, parallel dan serial port sering digantikan dengan USB port.

– Onboard VGA Port
Port ini memiliki 15 pin dengan warna biru yang mudah dikenali. Port ini berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan monitor.

vga-portOnboard VGA port

– USB Ports
Nah, port ini sangat ngetrend digunakan saat ini. Banyak sekali peralatan yang bisa dihubungkan melalui port ini. Bentuknya yang simple, hanya segi empat tanpa baut pengikat membuat orang mudah menandai port ini.

usb-portUSB ports

Ada beberapa versi dari USB. USB 1.1 dengan kecepatan maksimum 12 Mbps, USB 2.0 dengan kecepatan maksimum 480 Mbps dan USB 3.0 dengan kecepatan maksimum 5 Gbps (Gigabits per second). Tapi yang saat ini sering beredar di pasaran adalah USB 2.0. Selain itu port ini juga mensuplai listrik dengan tegangan kurang lebih 5V dengan daya maksimum sebesar 500mA untuk USB 2.0 dan 900mA untuk USB 3.0. Suplai listrik ini membuat banyak peralatan USB dapat langsung berjalan tanpa suplai listrik dari luar. Contoh paling gampang adalah flashdisk. Tinggal colok, flashdisk langsung dapat digunakan. Anda tidak pernah melihat flashdisk menggunakan adaptor listrik ‘kan?
Banyak sekali sekali peralatan yang bisa dihubungkan melalui USB. Flashdisk, camera digital, printer, bahkan sudah ada kipas angin mini, lampu senter dan vacuum cleaner mini yang menggunakan USB.

– Onboard LAN / Ethernet Port
Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan komputer. Kecepatan maksimumnya adalah 100 Mbps untuk megabit Ethernet dan 1 Gbps untuk gigabit Ethernet.

lan-portOnboard LAN port

– Onboard Audio Ports
Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan audio seperti speaker dan microphone. Biasanya pada motherboard memiliki 3 buah port, yaitu port Audio Out (hijau), Microphone (merah) dan Audio In (biru). Audio out digunakan untuk speaker, Microphone untuk microphone, Audio In biasanya digunakan untuk merekam suara dari peralatan audio lain seperti DVD player. Bentuknya bulat, dengan ukuran 3,5 mm yang cocok dengan jack audio standar.

audioOnboard Audio ports

Tapi ada juga di beberapa motherboard menyertakan Audio ports yang lebih dari 3 buah, biasanya 6 buah. Audio ports seperti ini digunakan untuk speaker dengan mode 5.1 (2 buah speaker kiri dan kanan di depan, 2 buah speaker kiri dan kanan belakang, 1 buah subwoofer).
Wah, ternyata penjelasan tentang motherboard cukup panjang. Dan uraian saya tadi mungkin masih 5% dari keseluruhan komponen motherboard. Tapi di atas ‘kan sudah saya tuliskan “Mari kita intip sedikit”, hehehe…. Ayo kita lanjut ke peralatan berikutnya.

 

2. Processor dan Kipas Pendingin Processor

Jika kita perhatikan di atas motherboard ada sebuah kipas. Apakah itu kipas untuk mendinginkan motherboard? Apa tidak masuk angin tuh motherboard terkena kipas angin tiap hari??
Di bawah kipas inilah terdapat sebuah alat yang sangat penting yang membuat komputer berjalan. Tanpa alat ini komputer tidak akan berjalan. Bak seorang raja, ada dayang khusus yang mengipasinya saat di atas singgasana, dia adalah Processor. Jadi kipas ini bukan mendinginkan motherboard.

processorProcessor Intel Core Duo E5700 3.0 Ghz, bandingkan besarnya dengan uang logam

Processor adalah alat di dalam sistem komputer yang mengerjakan instruksi dari aplikasi komputer dengan menjalankan operasi aritmatika dasar, logika dan operasi input/output dari sistem (http://en.wikipedia.org/wiki/Central_processing_unit), atau dengan kata lain, processor ini adalah otak dari seluruh sistem komputer.

Pertanyaan yang kemudian muncul, kenapa hanya processor yang diberi kipas? Processor bekerja dengan berat sehingga mengeluarkan panas. Panas dari processor tanpa kipas bisa lebih dari 100⁰C, dan jika terus dibiarkan maka ini bisa merusakkan processor secara permanen. Itulah sebabnya processor harus didinginkan dengan cara diberi kipas di atasnya.

kipas-prosKipas Processor

Jika kita telusuri lebih lanjut, kipas adalah benda yang bergerak dengan poros ditengahnya. Kipas ini bisa saja melambat atau bahkan macet akibat DEBU yang menempel di porosnya. Nah di saat kipas berhenti maka suhu processor akan menjadi tinggi dan motherboard akan mematikan sistem secara paksa.

Pernahkah Anda mengalami kejadian seperti ini? Disaat sedang bekerja tiba komputer mati sendiri (langsung hitam layarnya). Karena bingung, Anda hidupkan kembali kemputer Anda. Komputer hidup, Anda kembali bekerja dan tidak berapa lama komputer mati lagi. Jika Anda pernah mengalami ini, kemungkinan kipas processor berhenti karena debu (walaupun ada kemungkinan lainnya seperti power suplai rusak). Jika memang berhenti, Anda lebih baik membeli kipas baru. Harga tergolong murah koq, sekitar 40 sampai 60 ribuan.

3. Random Access Memory (RAM)

Kita lebih sering menyebutnya sebagai memori. RAM ini berfungsi sebagai penyimpanan data sementara saat processor sedang mengolah data. Jika dianalogikan, saat kita sedang melakukan ujian/test matematika, RAM ini adalah kertas coretan yang kita gunakan untuk mengerjakan soal tersebut.

ramRandom Access Memory (RAM) Visipro DDR3 2 GB

Data di dalam RAM ini akan hilang apabila daya listrik terputus (volatile). Kecepatan transfer data untuk RAM jenis DDR3-1600 adalah 12.800 MBps.

4. Harddisk drive

Laporan Excel kantor, koleksi mp3, film Mission Impossible 4 yang Anda miliki semuanya disimpan di dalam harddisk ini. Jika kita analogikan, processor adalah otak kita untuk bekerja, RAM adalah kertas coretan, dan harddisk adalah buku untuk menulis hasil perkerjaan kita.

hddHarddisk drive Seagate Baracuda 160 GB

Kapasitas harddisk sangat bervariatif. Dahulu kapasitas harddisk pertama sekitar 3,75 MB (Megabytes) sekarang dipasaran sudah ada yang berkapasitas 4 TB (Terabytes), sekitar 1 trilyun kali perbandingannya.

5. Optical drive

Orang-orang lebih mengenal dengan nama CD atau DVD drive. Bagi Anda yang pengkoleksi DVD film Korea (kemungkinan besar bajakan… hehehe…) pasti Anda sangat mengenali benda ini. Tinggal tekan tombol eject, masukkan DVD film Korea-nya lalu Anda akan terhanyut sampai pagi.

dvd-rwDVD-RAM drive

Saat ini di pasaran sudah banyak dijual DVD-RAM drive. Sedangkan dahulu orang yang memiliki PC sudah sangat dengan CD-ROM drive. Apa perbedaannya? Sebenarnya ada banyak tipe optical drive, tapi saya hanya akan memberi gambaran secara umum.

  • CD-ROM drive : hanya mampu membaca piringan berformat CD-ROM. Termasuk di dalamnya Audio CD, Video CD (VCD, nah ini dulu yang sangat ngepop) dan CD data.
  • CD-RW drive : mampu membaca dan menulis (burning) piringan berformat CD.
  • DVD drive : mampu membaca piringan berformat CD dan DVD (termasuk DVD Audio.
  • DVD Combo drive : mampu membaca dan menulis CD, tapi untuk DVD hanya mampu membaca saja.
  • DVD-RW drive, DVD-RAM drive : mampu membaca dan menulis format CD dan DVD.
  • Blu-Ray Disc Drive (BD Drive) : mampu membaca format Blu-Ray, mapun membaca dan menulis CD dan DVD.
  • Blu-Ray Disc Rewritable Drive (BD-RW Drive) : mampu membaca dan menulis format CD, DVD dan Blu-Ray.

Mungkin Anda masih sedikit bingung dengan format CD, DVD apalagi Blu-Ray. Saya coba sedikit jelaskan. Perbedaan paling mencolok dari format piringan tersebut adalah kapasitasnya. Jika diisi dengan video, maka yang perbedaan paling mencolok adalah dari kualitasnya gambarnya.

  • CD adalah termasuk generasi pertama dari optical disc. Kapasitas maksimumnya kurang lebih 700 MB.
  • DVD termasuk generasi kedua dari optical disc. Kapasitas yang sering tersedia di pasar adalah 4,7 GB. Sedangkan kapasitas maksimumnya adalah 17,08 GB, tapi ini jarang dijual.
  • Blu-Ray termasuk generasi ketiga dari optical disc. Kapasitasnya dimulai dari 25 GB, 50 GB sampai 128 GB. Tapi Blu-Ray masih sedikit lebih sulit di dapat (dibanding CD dan DVD yang bisa dengan mudah dibeli di toko fotocopy) sehingga penggunanya juga masih sedikit.

6. Add-On Cards

Add-On Cards adalah peralatan tambahan untuk komputer dengan fungsi tertentu. Biasanya Add-On Cards ini di colokkan pada slot yang kita bicarakan di atas tadi (PCI dan PCI Express). Beberapa jenis Add-On Card yang sering dipasang adalah sebagai berikut.

– VGA Card

Gamers sejati pasti kenal akan alat ini. Jika tidak ada alat ini maka game Call of Duty gerakannya akan patah-patah atau mungkin sama sekali tidak berjalan. VGA Card adalah alat yang mengolah tampilan grafis di komputer sebelum di kirimkan ke monitor.

vgacardVGA Card Digital Alliance Nvidia GeForce 8400GS

Lho, sepertinya di atas tadi sudah dibahas tentang port VGA di motherboard? Memang benar. Rata-rata komputer di pasaran saat ini bisa berjalan tanpa VGA card, karena produsen motherboard sudah menyertakan VGA Onboard di dalamnya.

Perbedaannya terletak di kemampuannya. VGA Onboard menggunakan sumber daya dari motherboard untuk bekerja, istilah kerennya sharing. Motherboard akan secara otomatis memotong kapasitas RAM (memory) utama untuk mengolah tampilan grafis. Misalkan kita memiliki RAM 1 GB (Gigabyte) atau bila dikonversikan ke Megabyte menjadi 1024 MB, maka motherboard akan mengambil sedikit RAM sesuai dengan settingan di BIOS. Anggap saja di BIOS telah tersetting 128 MB diambil untuk grafis, maka sistem kita berjalan dengan RAM 896 MB. Selain itu motherboard juga akan mengambil sebagian dari kemampuan dari processor utama untuk memproses tampilan grafis. Makanya untuk pekerjaan grafis yang berat seperti game 3D (semisal Call of Duty), kualitas gambar yang dihasilkan oleh komputer dengan VGA Card Onboard biasanya jauh lebih buruk (gerakannya patah-patah, warnanya tidak kontras, dll).

VGA Card memilik processor dan RAM sendiri. Sehingga dengan dipasangnya VGA Card, RAM utama di motherboard tidak dipotong, dan kerja processor utama tidak dipotong lagi untuk memproses tampilan grafis. Seluruh tanggung jawab grafis diserahkan ke VGA Card. Sehingga sistem akan berjalan dengan lebih cepat.

– Ethernet Card

Alat ini sama fungsinya dengan Onboard LAN/Ethernet port di motherboard, untuk menghubungkan komputer ke jaringan komputer. Biasanya LAN card ini digunakan apabila onboard LAN card di motherboard rusak (seperti tersambar petir), atau komputernya memang dihubungkan ke jaringan komputer yang lebih dari satu untuk keperluan tertentu.

lan-cardLAN / Ethernet Card

– WLAN Card

Alat ini berfungsi menghubungkan komputer dengan jaringan wireless (Wifi, Hotspot). Jarang ada produsen motherboard PC yang menyertakan alat ini (onboard), sehingga kita harus membelinya secara terpisah. Selain dengan model card seperti ini, ada juga WLAN USB adapter. Bentuknya mirip flashdisk, begitu dicolokkan komputer akan bisa terhubungan dengan jaringan wireless. Walaupun sudah ada alat yang lebih simpel, WLAN card ini masih tetap jadi pilihan. Terutama bila di hubungkan dengan masalah keamanan dari alat itu sendiri. WLAN USB adapter bentuknya begitu mungil sehingga mudah sekali dicuri orang.

20160118_110430

Sebelah kanan: contoh USB WLAN Adapter, TP-Link TL-WN722N;
sebelah kiri: contoh WLAN PCI Adapter, TP-Link TL-WN851N.

– Soundcard

Anda bisa main gitar? Dari pada main gitar gak karuan di halaman rumah dan mengganggu tetangga, ada baiknya Anda merekam permainan gitar Anda ke komputer, lalu di convert ke mp3. Yah, siapa tau ada produser yang berminat, atau minimal membuat gebetan Anda berdecak kagum.

soundcardSound Card, yang ini termasuk yang termurah, 50ribuan

Untuk bisa merekam gitar (atau alat musik lain) ke komputer, Anda membutuhkan sebuah soundcard. Rata-rata produsen motherboard sudah menyertakan Onboard Audio ports di motherboardnya. Tapi seperti kasus VGA Card yang saya bahas tadi di atas, onboard audio kurang memuaskan.

Jika Anda mencoba merekam suara melalui microphone dengan onboard audio, suara yang terekam akan sedikit berdesis (tidak semua onboard audio seperti itu, tapi umumnya memang seperti itu). Soundcard dengan audio processor yang terpisah dari processor utama InsyaAllah bisa mengatasi masalah tersebut. Tergantung kualitas soundcard yang Anda beli juga sih. Kalau membeli yang harganya 50 ribuan mungkin tidak terlalu bagus. Cobalah beli soundcard yang harganya 500 ribuan ke atas. Dijamin puas.

Semua yang saya jabarkan di atas hanyalah secara umum. Masih banyak lagi peralatan lain yang mungkin ada di CPU Anda. Semoga tulisan ini bisa sedikit bermanfaat bagi kita semua.

Pos ini dipublikasikan di Informasi & Teknologi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s