Mobil Mewah Berjualan pada saat Ramadhan


Berbuka puasa bagaikan surganya umat muslimin saat Ramadhan. Setelah satu harian menahan lapar dan haus, saat buka puasa akan terasa sangat nikmat sekali. Sebelum berbuka puasa, biasanya umat muslim akan mencari makanan untuk berbuka puasa pada saat sore hari. Menurutku ini adalah salah satu letak seni dari Ramadhan. Memilih makanan dan minuman untuk berbuka menurutku merupakan suatu tradisi unik bagi sebagian besar umat muslim.

Berbagai macam jenis makanan dan minuman yang dijual pada saat Ramadhan. Banyak pendagang-pedagang baru bermunculan. Atau tempat-tempat tertentu yang biasanya tidak ada aktivitas perdagangan, pada saat Ramadhan tempat tersebut berubah menjadi tempat berjualan. Dan hanya saat bulan Ramadhan saja itu terjadi. Kalau aku tidak salah namanya itu pasar kaget.

Khusus di Medan ada satu pasar kaget yang unik (menurut saya). Mereka berjualan di sepanjang Jln. Dr. Mansyur, depan kompleks kampus USU. Sebagian adalah pedagang biasa dengan gerobak dorong, atau dengan etalase yang bisa dibongkar pasang. Dan yang uniknya sebagian lagi adalah gerobak mewah. Mewah? Memangnya mewahnya seperti apa? Gerobak tersebut bermerek. Ada yang Honda Jazz, Toyota Kijang, Ford Focus, dan merek mobil mewah lainnya.

Pedagang-pedagang ini adalah mahasiswa-mahasiswa yang memiliki waktu luang dan memiliki mobil (tentunya). Pakaiannya pun sangat berbeda dengan pedagang pada umumnya. Pakaian yang mereka kenakan sangat casual dan keren-keren. Ngapain mereka berjualan di depan kampus USU? Apa mereka sudah tidak punya uang saku lagi? Masa sih punya mobil mewah tidak punya uang saku?

Makanan dan minuman seperti apa yang mereka jual? Dagangan mereka tidak ada yang istimewa. Kue-kue basah dan gorengan, serta minuman dingin tradisional (es campur, es kopyor, dll) yang sebenarnya juga ada di pedagang biasa. Tapi yang mungkin agak berbeda adalah kemasannya. Jika pedagang biasa berjualan es campur dibungkus dengan plastik es biasa, maka mereka membungkus es campur dengan gelas plastik bertutup. Jika pedangan biasa membungkus siomay dengan (lagi-lagi) plastik es biasa, maka mereka membungkusnya dengan bungkus styrofoam. Pokoknya lebih bersih.

Masalah harga? Masalah harga mungkin hampir sama dengan pedagang biasa. Lebih tinggi Rp. 500-1000,- saja. Tapi yang berbeda dari banyaknya isi dari makanan. Harga siomay yang Rp.6000,- itu lebih banyak isinya jika kita beli di pedagang biasa.

Apakah mereka banyak untung? Yang aku ketahui sepertinya mereka lakukan ini hanya untuk bersenang-senang dan mengisi waktu luang. Aku rasa kegiatan ini positif juga sih. Dari pada ngabuburit kesana-kemari gak jelas sama pacar/teman, lebih baik melakukan kegiatan yang ada manfaatnya. Sudah 4 tahun saya di Medan, setiap tahunnya tradisi mobil mewah jualan ini selalu ada.

Semoga tradisi unik ini akan terus bertahan.

Pos ini dipublikasikan di Sekedar Cerita. Tandai permalink.

3 Balasan ke Mobil Mewah Berjualan pada saat Ramadhan

  1. deva berkata:

    bisa dikoment ga ya??????

  2. Hajar berkata:

    fotnya mannnaaa?

  3. benosolbraine berkata:

    deva: silahkan…
    bang hajar: segera diupload di ramadhan tahun depan… wakakkakka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s